Rabu, 01 April 2009

Aku dan Angkot

Hari sabtu, itu pasti adalah hari dimana anak 12 menunaikan kewajibannya yaitu ekskul. Kebetulan, gue ekskul design grafis karena hanya itu ekskul yang paling nyantai. Ga perlu mikir keras, asal bisa ngotak atik juga pasti bakal bisa. Sebenernya tujuan gue ekskul hanya buat majang nilai di rapor biar keliatan lebih cantik bila dipandang. Design grafis dimulai pukul 8.00.


Sebelum hari Sabtu tepatnya malam Sabtu, tepatnya lagi hari Jumat malam, gue berencana bangun pagi biar ga telat ekskul. Karena itu, gua pasang lah alarm di hp gue pada pukul 05.00 Saat jam 5 pagi, alarm gue bunyi, bergetar, dan berteriak minta tolong (loh?) Saat itu juga gue bangun dan melaksanakan kewajiban gue sebgai makhluk muslim yang baik hati yaitu sholat subuh. Setelah sholat subuh, entah setan apa yg merasuki gue atau emang di kamar gue sarang setan, gue gatau tapi gue ngantuk lagi. Dengan berat hati gue terpaksa tidur lagi dan kembali menghidupkan alarm yg telah lama terkubur mati tepat pada jam 06.30


Tetapi, entah kenapa setan senang sekali mengganggu gue. Apa karena gue ini mirip mereka? Atau karena gue gampang digoda? Atau entahlah, yg pasti saat itu dengan brutal gue mematikan alarm hp gue yg menyala. alhasil, 2+2=4 (loh ko jadi mtk?) maksud gue, alhasil gue terbangun pukul 07.15 . WHAT?!! Dikit lagi masuk!! Seketika gue ambil langkah 1000, walaupun kaki gue cuman ada 2. Secepat Sp**dy (gaboleh sebut merk) gue bergegas menuruni tangga hingga sampai di kamar mandi. Lalu *cipak cipek cipuk (ini bunyi air) gue mandi koboi. Cuman beberapa menit gue selesai.


Gue langsung minta bokap untuk nganterin gue ke sekolah. Dengan berbekal tas yang berisi pelajaran hari jumat dan hp yang hanya berpulsakan 1000 rupiah, gue berangkat dengan niat yang mantap selayaknya anak laskar pelangi yang doyan menuntut ilmu.


Tibalah gue di skolah, gue naik tangga dan berjalan menuju lab komputer dengan nafas terengah2 dan perut yang lapar karena belum makan. Sesampainya di lab, gue mengotak atik komputer dan melaksanakan ritual hari sabtu gue yaitu OL GRATIS DI LAB KOMPUTER!!. Setelah puas ber-ol ria karena gurunya ga masuk, gue mulai bosen dan merencanakan untuk ngisi absen terus pulang abis itu tidur lagi. Kenapa hidup gue begitu ga mutu? Entahlah -.- setelah absen gue isi, dengan tanda tangan yang seadanya gue langsung cabut pulang dengan kata TIDUR yang tertanam kuat di otak gue.


Gue langsung menuju rumah dengan rute menyebrangi rel kereta, melewati preman-preman rel kereta, dan tentu saja menunggu si abang angkot sebagai tumpangan satu-satunya untuk pulang. Gue berdiri layaknya orang bodoh yang masih membawa pelajaran hari jumat di tas gue. Setelah ditunggu, abang angkot datang! Dengan santai gue setop angkot dengan jari tengah, *jari telunjuk maksudnya* dan langsung naik ke angkot. Perjalanan dari skolah ke rumah gue ga lama, cuman sekitar 15 menitan. "Wah bentar lg nyampe, siapin ongkos ah" pikir gue. Gue ambil tas gue dan berusaha mencari dompet gue. Tapi gue baru inget kalo ternyata dompet gue ketinggalan di meja belajar!! OH MY ! tapi gue tetep stay cool. Gue rogoh kantong gue berharap ada duit walaupun hanya seceng. Tapi, sekuat apapun gue berusaha merogoh, sedalam apapun gue merogoh kantong, walau pun gue rogoh tuh kantong ampe jebol, gue ga menemukan duit sepeserpun


Di situ ke stay cool-an gue mulai pudar dan luntur secara perlahan-lahan. Gue mulai berkeringat dingin. Naluri keprikebokeran gue mulai timbul seiring dengan rasa deg-degan karena takut masuk di halaman dpan koran dengan judul "SISWI SMA MATI SIA-SIA DIKEROYOK SUPIR 27 KARENA TIDAK BISA MEMBAYAR ONGKOS" gue ga mau mati! Gue masih muda, belum kawin, belum kerja, belum nyicipin rasanya berenang di laut Ancol, masih banyak dosa, dan yang pasti belum makan!!


Saat pikiran gue kacau, gue baru inget kalo gue bawa hp. Dg tampang sumringah dengan gigi yang terjuntai, gue langsung ngambil hp dan nelpon nyokap gue. Gue mulai santai dan celingukan ke arah ibu-ibu yg ada di angkot itu. Rasanya gue pengen bgt bilang "BU, EMAK GUA MAU BAYARIN ONGKOS ! GUA BISA BERENANG DI LAUT ANCOL DG BEBAS ! GUA GAJADI MASUK KORAN ! GUA GAJADI MATI !!" tapi itu niat itu gue urungkan. Setelah nyampe depan gang, gue panik karena nyokap gue ga ada! Gue pengen nelpon tapi gue baru inget kalo itu pulsa terakhir gue. Akhirnya dengan terpaksa gue blg "bang, bayarnya tunggu mamah saya aja ya


Setelah gue bilang gitu, muka ibu-ibu yang ada di 27 yang tadinya bak malaikat turun dari langit kini berubah jadi tampang buruh pabrik yang udh kerja 10 tahun tapi ga dibayar (LO BISA BAYANGIN MUKANYA KAYA APA ?). Setlah terdiam tanpa kata, kau seolah jenuh padaku u uu uuu (ko jd nyanyi?) tampang gue langsug berubah seketika. Dari kain kusut, jadi kain sutra, dari kaleng jadi baja (lah kok jadi Be a Man ya?) Pokoknya gue seneng karena gue akhirnya bisa bayar angkot


Ini adalah pengalaman yg paling mengharukan. Bagi ibu-ibu yg ada di mobil, saya minta maaf yang sebesar-besarnya.


NB : Tadinya sempat terbersit niat mau minta duit ama ibu-ibu nya cuman gajadi gara-gara takut dimaki-maki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar