Selasa, 07 April 2009

GAMBAR KREATIF SEORANG ANAK SD KELAS 6

Gue akan berbagi sedikit tentang ade gue. Sebelumnya gue kenalin dulu. Nama ade gue Iqbal Hendriyasta dan dia sekarang kelas 2 SMP. Tapi yang mau gue certain sekarang terjadi pas dia kelas 6 SD. Pas lagi asik main HP, tiba-tiba gue keinget ade gue. Biasanya jam-jam segini dia ke kamar gue terus numpang nonton tv sambil goler-goleran. Tapi, kali ini dia ga ke kamar gue. Gue kecilin tv gue, ternyata kamarnya begitu sepi. Gue bertanya-tanya. Apa yang sedang diperbuat bocah itu? Kenapa kamarnya begitu sepi? Kenapa dia ga ke kamar gue? Kenapa Dewi Persik pisah sama Saiful Jamil? Kenapa goyangnya Dewi Persik dikasih nama goyang gergaji? Kenapa juga Dewi Persik gue bawa-bawa terus? Oke, lanjut ke persoalan. Setelah benak gue dipenuhi pertanyaan ga penting, akhirnya gue memutuskan buat ke kamarnya. Ternyata dia lagi gambar! Pantesan, dia gambar buat besok karena besok dia ada ujian praktek gambar. Nah, tapi sebelumnya gue pinjem dulu buku gambarnya. pas gue liat, gue shock!


HALAMAN 1: TEMA PEMANDANGAN JAKARTA

Di sini, gue liat ada gambar yang KATA DIA halte bus. Tapi........... Gambar itu sungguh mengenaskan. Halte bus itu digambar dengan tiang dan kursi yang berwarna hijau, atap berwarna coklat, lantai yang berwarna biru tua, dan lebih mirip tempat pemujaan setan. Gue curiga kalaupun ada halte bus kaya begini, pasti orang-orang dateng bukan buat nyetop bus. Tapi buat semedi sambil mawa menyan. Satu hal yang gue pelajari dari gambar pertama adalah: Ade gue ga cocok jadi kontraktor. Gue ngebayangin, kalo dia ikut SMS REG (spasi) Primbon, pasti dia bakal dapet balesan “Kamu ga cocok jadi kontraktor, kamu cocoknya kerja di air. Jadi ikan duyung”


HALAMAN 2: TEMA KARTUN

Gambar kali ini bukan gambar hate bus atau bangunan—bangunan lain. Di sini, dia mencoba ngegambar Pikachu. Buat yang ga tau Pikachu, Pikachu itu adalah tokoh kartun berwarna kuning dengan suara sok imut dan bisa mengeluarkan listrik. Gue dulu sempet mikir buat bikin PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Pikachu). Tapi seiring berjalannya waktu, gue sadar bahwa itu cuma kartun. Nah, tapi yang gue lihat di sini beda. Gambarnya ga mirip Pikachu. Kalo dilihat dari kacamata orang awam seperti kita, gambar ini mirip kodok lompat sambil ngangkang (gue serius, ini mirip banget). Ya, tapi apa mau dikata. Ade gue bilang itu Pikachu.


HALAMAN 3: TEMA KAKAK BERADIK YANG TERPISAH

Di halaman ini, ada gambar laut yang di belakangnya ada gunungnya. Nah, pas liat gambar ini, gue rada baur. Pikirang gue melayang dan bertanya-tanya sejak kapan gunung nyatu sama laut. Ini gue yang geografinya jelek apa ade gue yang terlalu jenius? Entahalah, hanya Tuhan yang tau. Terus di laut itu ada 4 buah perahu yang lebih mirip kardus sepatu ngambang. Terus, di lautnya ada garis2 menggeliat seperti cacing yang KATA DIA ombak. Tapi sayangnya, gambar itu lebih mirip ulet laut atau mungkin belut laut yang lagi migrasi. Di samping laut, ada gambar 2 buah pulau dan masing-masing pulau di atasnya ada pohon dan anak kecil. Anak kecilnya itu lagi ngerokok tapi lagi-lagi, anak itu lebih mirip anak lagi makan batu dibanding anak lagi ngerokok. Di pulau tersebut ada pohon. Pertamanya gue kira itu pohon pisang, tapi ternyata itu pohon kelapa. Yakali pohon pisang ada di laut. Ntar kuntilanak pesta pantai terus dong.


HALAMAN 4: TEMA GERHANA BULAN

Oke, gue ga bisa bilang apa-apa kecuali itu gambar mirip kumpulan telor ayam yang dijejerin sejajar dan ditambah garis2 untuk menambah estetika telor tersebut agar lebbih menarik untuk dimakan.


HALAMAN 5: TEMA PEMANDANGAN

Di sini ada gambar gunung yang warnanya hijau. Udah gitu, dari gunung timbul garis melebar yang kata ade gue itu sungai. Tapi sungainya lebih mirip sama uler sawah. Soalnya meliuk-liuk, udah gitu ada sisiknya (sebenernya itu batu-batu kecil, tapi sekali lagi, menurut pandangan orang awam itu terlihat seperti gambar sisik). Terus di sebelah sungai ada jalan raya dengan kumpulan karet-karet gelang (itu menurut penglihatan gue) tapi kata dia, itu adalah tiang listrik dengan kabel-kabel yang menjulang. Udah gitu ada juga sawah yang cuman gambar kotak-kotak. Itu sawah apa kotak sudoku? Atau mungkin TTS? Hanya Tuhan yang tau.


HALAMAN 6: TEMA PANTAI

Di sini ada gambar pantai, tapi lebih mirip sungai amazon. Terus ada gambar nelayan yang ekspresi muka mukanya antara muka mesum dan muka orang lagi nahan pipis. Udah gitu, di samping nelayannya ada gambar perahu. Di sini letak keanehannya. Sejak kapan perahu ada di darat? Terus di deket perahu itu ada pohon kelapa yang mirip sapu ijuk.


Dan dari keennam gambar yang gue liat, gue cuma bisa ngasih satu kata mutiara:


“Bal, mendingan lo ga usah gambar :)“


Tidak ada komentar:

Posting Komentar